Kamis, 24 Mei 2012

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil.

Kehamilan adalah Anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, yang merupakan simbol " Sempurna" hidup kita yang harus dijaga, dipelihara dan dirawat dengan baik sampai nanti menjadi seorang bayi yang sehat dan sempurna.

Untuk menjaga kehamilan berikut saya berikan tipsnya:
  1. Meminum Obat
    • Do     :  Konsultasi dulu ke dokter mana abat yang aman dan tidak untuk di konsumsi ibu hamil.
    • Don't  :  Sembarangan minum obat atau jamu, sekedar percaya pada " Kata Orang " meskipun dia bilang berpengalaman.
    • Why  :  Tidak semua ibu hamil tahu, ada beberapa jenis obat yang boleh diminum selama kehamilan ataupun menyusuikarena terbukti aman dan baik bagi ibu maupun si janin dan ada juga yang tidak. Obat yang dikonsumsi ibu hamil dapat masuk ke dalam plasenta dan sirkulasi janin. selain itu, beberapa jenis obat bahkan dapat di sekresi melalui asi. sehingga kadar obat dalam sirkulasi tubuh bayi hampir sama dengan kadar yang ada dalam darah ibu. dalam beberapa situasi ini akan berbahaya.

  2. Menggunakan obat anti nyamuk.
    • Do   :  Gunakanlah obat anti nyamuk yang mengandung 100 % bahan alami. Saat ini sudah banyak dijual ya bun, obat nyamuk tempel alami dengan bahan 100 % alami. Selain itu, bunda juga bisa memakai kelambu.
    • Don't  :   Menggunakan obat anti nyamuk semprot, bakar atau oles
    • Why   :   Obat anti nyamuk semprot ada beberapa yang mengandung minyak tanah yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal pada janin. Obat anti nyamuk jenis lotion atau oles mengandung bahan korosif dan dapat diserap kulit sehingga menjadi racun dalam tubuh. Obat anti nyamuk bakar mengandung bahan kimia aktif yang termasuk dalam golongan pestisida. Bahan kimia ini mempunyai efek samping antara lain memicu kerusakan saraf.
  3.  Rajin Berolahraga
    • Do    :  Berlatihlah olahraga yang ringan di rumah, mengikuti pelatihan yoga atau senam ibu hamil.
    • Don't  : Berolahraga di medan atau lapangan yang kasar dan tidak rata, serta menghindari gerakan yang berfokus pada bagian punggung bawah seperti mengangkat beban diatas kepala.
    • Why   :  Karena berolahraga selama masa kehamilan dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri sendi akibat keausan sendi. selain itu juga, jika ibu hamil melakukan aktifitas kebugaran, dapat menstabilkan mood, mengurangi kelelahan dan meningkatkan kualitas tidur.
    • Tips    :  Minumlah satu liter air, sebelum berolahraga. dan minumlah satu gelas tambahan setiap 20 menit agar cairan tubuh tidak mengalami dehidrasi selama latihan.
  4.  Mengubah kebiasaan makan.
    • Do   :  Mengkonsumsi berbagai makanan sehat. seperti sehat seperti sayur dan buah-buahan seperti sayur dan buah-buahan. jangan minum susu sebagai pelengkap. Ingatlah untuk menambahkan 300-500 kalori per hari.
    • Don't :  Mengkonsumsi daging atau telur setengah matang.
    • Why  :  Daging mentah beresiko memberikan kontaminsi bakteri yang mengancam, misalnya bakteri colliform, toxoplasmosis dan salmonella.
      Bakteri Salmonella menyebabkan penyakit yang disebut salmonellosis. Menyebabkan demam, diare dan keram perut. Selain itu, pada orang yang kondisi kesehatannya buruk atau sistem kekebalan tubuhnya lemah, bakteri ini dapat menembus sistem peredaran darah dan menyebabkan infeksi yang serius terhadap tubuh.
      Toxoplasmosis dapat berakibat keguguran, melahirkan bayi yang sudah meninggal, juga cacat bentuk dan kegagalan fungsi dari organ tubuh terutqama yang melibatkan sistem syaraf pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar