Selasa, 05 Juni 2012

Cara mencuci Cloth Diaper

Berhubung semakin banyaknya smart mom yang "GO Green" dengan  memakai Cloth Diaper (CD). Saya mau sharing nih cara mencuci cloth diaper, agar tidak cepat rusak dan dapat memperpanjang pemakaian diaper. Check it out!

  1. Pakailah detergen yang tanpa pelembut dan tanpa pemutih, dan gunakan detergen hanya 1/4 dari takaran yang dianjurkan pada plastik pembungkusnya.
  2. Untuk pemakaian pertama kali Cloth Diaper, dianjurkan untuk melakukan 3 kali siklus cuci-jemur-kering untuk meningkatkan daya serap diaper.
  3. Untuk membersihkan kotoran padat (PUP): Pertama Keluarkan insert dari pocketnya dan  buang kotorannya, lalu bersihkan bekasnya dengan menyemprotkan air dengan kran atau spray agar nodanya agak menghilang. 
  4. Cucilah CD dengan memakai air dingin, karena air dingin bisa mengangkat sisa sisa kotoran dan dapat mencegah kotoran masuk.
  5. Sebisa mungkin CD di cuci langsung, jangan disikat ( karena akan membuat kain diaper rusak) dan hindari perendaman yang lama.
  6. Untuk membilas CD dianjurkan minimal 3 kali pembilasan, Ingat: Proses pembilasan adalah langkah penting dalam membersihkan clodi! Bila tidak bersih, residu sabun dapat tertinggal di diaper yang dapat menyebabkan kurangnya daya serap dan menyebabkan ruam pada kulit bayi yang sensitif.
  7. Peras secara perlahan, dan jangan dipelintir.
  8. Jemur dibawah sinar matahari langsung. karena sinar matahari dapat membuat lebih cepat kering, menghilangkan noda yang membandel dan memutihkan secara alami.
  9. Setelah kering Cloth diaper bisa langsung dipakai tanpa harus disetrika. karena bisa membuat cloth diaper meleleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar