Senin, 04 Juni 2012

Tips Belanja Keperluan Bayi

Hai Bunda...

Saya mau sharing sedikit nih. Berdasarkan pengalaman saya sewaktu kerja di sebuah toko online perlengkapan bayi. Tentang  pertanyaan apa saja sih yang sering banget ditanya seputar perlengkapan bayi. Check it out yach...


  1. Perbedaan Cloth Diaper  ( CD ) dan Training Pant ( TP ) ?
    Training Pant diperuntukkan untuk anak yang mulai belajar toilet training yah. TP itu hanya bisa digunakan untuk sekali pipis. Pipis anak tidak akan berceceran di lantai, tapi si anak akan merasakan tidak nyaman karena lembab.
    Sedangkan, 
    Cloth diaper/popok kain/reusable diaper/washable diaper adalah popok yang terbuat dari kain, dapat dicuci dan dipakai berulang-ulang. Selama ini popok kain hanya terbuat dari selembar kain, biasanya dari bahan katun atau tetra. Ada yang sudah dibentuk dan dijahit sedemikian rupa dan diberi tali pengikat supaya mudah dikenakan pada bayi, dan ada pula popok yang berbenuk segi empat dengan ukuran yang besar dan harus dilipat dan dipeniti ketika akan dikenakan pada bayi.
  2. Baiknya menyimpan ASI di botol kaca atau plastik ?
    Menyimpan ASI di dalam kulkas ataupun di freezer, sebaiknya disimpan didalam container plastik BPA Free atau container yang terbuat dari kaca agar nutrisi ASI tidak rusak. Botol kaca banyak digunakan karena bersih, aman, gampang di cuci dan bisa di pakai berkali-kali dan yang terutama harganya sangat terjangkau. Lemak ASI tidak menempel di botol, jadi mudah dibersihkan. Botol bisa dipakai berulang-ulang dan bisa disteril. Tidak terkontaminasi bahan dari luar, ASI tetap 100% ASI. Tutup kedap udara, menjamin kualitas ASI.

    Cara Menyimpan ASI yang baik dan benar.
    • Simpan ASI dalam botol yang telah disterilkan terlebih dahulu. Botol yang paling baik sebetulnya adalah yang terbuat dari gelas/beling, namun jika terpaksa menggunakan botol plastik, pastikanlah bahwa plastiknya cukup kuat (tidak meleleh jika direndam dalam air panas).
    • Jangan pakai botol susu yang berwarna / bergambar, karena kemungkinan besar cat pada botol akan  meleleh jika terkena panas.
    • Jangan lupa cantumkan tanggal dan jam ASI dipompa/peras pada botol.
    • Simpan ASI di dalam botol yang tertutup rapat
  3. Cara memakai Ice Gell ?

    Ice Gel Dingin : Untuk pemakaian pertama kali sebaiknya ice gel disimpan di dalam freezer selama 24 jam, agar hasilnya maksimal. Dan untuk pemakaian selanjutnya bisa disimpan minimal 8 jam. setelah disimpan,  ice gel bisa digunakan sekitar 5 - 7 jam di dalam coolerbag ( tas pendingin)

    Ice Gel Panas : Panaskan air sampai mendidih, matikan kompor lalu celupkan ice gell ke dalam air mendidih tersebut selama 10 - 15 menit. Setelah itu anda dapat menggunakannya selama 5 - 7 jam di dalam cooler/warmer bag dengan catatan minuman disimpan dalam keadaan yang panas juga. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar